PENGUMUMAN NO. 1639/BAAK/XII/2009 TENTANG AKTIFITAS AKADEMIK
I. SEMESTER GASAL 2009/2010
A.Yudisium akan disampaikan mulai tanggal 3 Februari 2010 melalui SOS-24. Print Out Hasil Studi Semester akan dikirimkan ke alamat orang tua masing-masing.
B. Ketentuan untuk melihat hasil studi/yudisium semester :
- Telah mengisi kuisioner yang disediakan melalui SOS-24.
- Tidak mempunyai tunggakan keuangan sampai dengan Semester Genap 2009/2010.
- Tidak mempunyai pinjaman buku/literatur di perpustakaan.
- Tidak mempunyai tanggungan administrasi akademik : seperti foto kopi ijazah, nem, dll.
C. Semester Pendek
- Setiap mahasiswa diperkenankan memprogram mata kuliah di semester pendek dengan ketentuan sebagai berikut.
- Mata kuliah yang dirogram adalah mata kuliah yang sudah ditempuh untuk perbaikan nilai (tidak dikenakan sanksi presensi pada masa UTS dan UAS) dan bukan mata kuliah baru
- Mata kuliah yang diprogramkan maksimal 10 SKS (mata kuliah yang diprogram bukan mata kuliah Praktikum)
- Biaya studi yang harus dibayarkan sebelum mengisi rencana studi adalah sebagai berikut :
- Angkatan 2007/2008. 2008/2009 dan 2009/2010 sebesar Rp 300.000,- per mata kuliah
- Angkatan 2006/2007 sebesar Rp 250.000,- per mata kuliah
- Angkatan 2005/2006 sebesar Rp 85.000,- per sks
- Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 sebesar Rp 75.000,- per sks
- Kalender kegiatan semester pendek sebagai berikut :
Kegiatan Waktu Pengisian Rencana Studi 18 Januari s.d 22 Januari 2010 Modifikasi dan Pengisian Rencana Studi II 2 Februari dan 3 Februari 2010 Perkuliahan Tahap 1 8 Februari s.d 18 Februari 2010 Ujian Tengah Semester 19 Februari dan 20 Februari 2010 Perkuliahan Tahap II 22 Februari dan 4 Maret 2010 Ujian Akhir Semester 5 Maret s.d 6 Maret 2010 Yudisium 10 Maret 2010 - Kelas normal akan dibuka, apabila jumlah peserta mencapai minimum 10 orang.
D. Ujian Skripsi
- Pendaftaran
- Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat Jam Kerja di Customer Service (OSS), untuk semester gasal 2009/2010 ditutup tanggal 9 Februari 2010
- Syarat-syarat pendaftaran :
- Lulus semua matakuliah dan menyerahkan rekapitulasi nilai sesuai kurikulum yang ditetapkan untuk masing-masing angkatan.
- Membayar biaya ujian sesuai tarif masing-masing angkatan.
- Menyerahkan skripsi sebanyak 4 eksemplar termasuk bukti riset dari obyek penelitian.
- Mengumpulkan Sertifikat Workshop Teknologi Informasi 1 lembar.
- Mengumpulkan hasil foto hitam putih dof : ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar, ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, dan berwarna ukuran 3×3 sebanyak 2 lembar, pakaian yang digunakan untuk pas foto adalah jas almamater (memakai dasi, kemeja putih dan tidak berkaca mata, untuk yang memakai jilbab dilampiri surat pernyataan bermaterai)
- Menyerahkan Print Out Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM).
- Pelaksanaan
- Jadwal akan diumumkan setap minggu, minimal 2 hari sebelum pelaksanaan ujian.
- Persyaratan peserta :
- Lulus semua mata kuliah sesuai kurikulum yang ditetapkan.
- Tidak mengisi rencana studi untuk semester berikutnya (Genap 2009/2010).
- Penyerahan Hasil
- Hasil skripsi yang telah diujikan dan disempurnakan, diserahkan ke petugas perpustakaan (Lantai II) berupa soft copy (flash disk/CD) bentuk “PDF” dan skripsi belum dijilid.
- Mahasiswa menginput data skripsi ke dalam database sesuai dengan petunjuk yang ada di perpustakaan (BEI)
- Pengumpulan file skripsi paling lambat satu minggu setelah hasil ujian skripsi diumumkan.
- Materi yang diinputkan serta jadwal untuk menginput data, dapat dilihat di bagian perpustakaan.
- Bukti bebas perpustakaan akan diberikan kepada mahasiswa setelah:
- Mahasiswa mendapat bukti penyerahan skripsi digital dari staf perpustakaan (Lantai II)
- Staf perpustakaan (sub bab pengembalian) melakukan pengecekan tentang tanggungan pinjaman buku.
- Mahasiswa menyerahkan Kartu Anggota Perpustakaan.
E. Wisuda
- Pelaksanaan direncanakan tanggal 10 April 2010.
- Pendaftaran dibuka tanggal 15 Februari s.d 19 Maret 2010 di Customer Service (OSS)
- Persyaratan Calon Wisudawan :
- Mengisi formulir pendafatran dengan melampirkan foto copy berita acara ujian skripsi, bukti bebas keuangan, perpustakaan dan pemesanan CD wisuda (bagi yang berminat)
- Membayar biaya-biaya : wisuda, jaminan toga, iuran alumni, ijazah, sertifikat praktikum yang elum diambil (lihat tarif untuk semua angkatan), legalisir ijazah, legalisir transkript dan CD wisuda bagi yang berminat
- Menyerahkan konsep transkript dan ijazah yang telah dikoreksi di bagian Akademik paling lambat 3 hari seelah ujian skripsi, apabila ada kekeliruan dari konsep transkript dan ijazah, baik identitas diri atau nilai maka harus menyerahkan bukti pendukung.
- Mengikuti pembekalan untuk calon wisudawan yang pelaksanaannya direncanakan hari Kamis, 8 April 2010 mulai pukul 08.00 wib.
- Mengikuti Gladi Bersih pada hari Jum’at, 9 April 2010 mulai pukul 08.00 wib.
- Pengambilan toga pada tanggal 5 April 2010 untuk jurusan Manajemen dan tanggal 6 April 2010 untuk jurusan Akuntansi, di Palagan pada pukul 09.30 s.d 11.30 wib.
- Pengembalian toga paling lambat satu minggu setelah pelaksanaan wisuda di Customer Service. Setelah batas waktu yang ditetapkan dianggap akan dimiliki oleh yang bersangkutan.
II. SEMESTER GENAP 2009/2010
A. Pengisian Rencana Studi
- Pengisian rencana studi dapat dilakukan pada tanggal 8 Februari s.d 19 Februari 2010 melalui SOS-24, apabila mengalami hambatan, silahkan menghubungi Costumer Service (OSS).
- Mahasiswa yang belum mengisi rencana studi sesuai jadwal diatas diberi kesempatan pada masa Modifikasi pertama yaitu tanggal 1 Maret s.d 3 Maret 2010.
- Mata kuliah yang dapat dipilih hanya mata kuliah yang disajikan pada Semester Gasal. Oleh karena itu, mahasiswa sangat dianjurkan segera mengulang mata kuliah yang tidak lulus pada seester pendek.
- Khusus mahasiswa angkatan tahun 2008/2009 edengan IP semester sebelumnya > 3, dapat memprogram maksimal 21 sks.
- Persyaratan mengisi rencana studi adalah :
- Membayar biaya studi minimal 50% sesuai ketetapan untuk setiap angkatan;
- Mengisi rencana studi sesuai dengan indeks prestasi yang dicapai pada Semester Gasal 2009/2010
B. Pelaksanaan Perkuliahan
- Perkuliahan Semester Genap 2009/2010 akan dilaksanakan sebagai berikut :
- Perkuliahan tahap I dilaksanakan pada tanggal 15 Maret s.d 1 Mei 2010
- Perkuliahan tahap II dilaksanakan pada tanggal 7 Mei s.d 3 Juli 2010
- Pemrograman mata kuliah yang telah dilakukan mahasiswa akan disesuaikan dengan perolehan indeks prestasi dan pra syarat mata kuliah. Oleh sebab itu setiap mahasiswa hendaknya melihan kembali jadwal kuliah yang benar melalui SOS-24.
- Perubahan (modifikasi) terhadap jadwal kuliah hana dapat dilaksanakan dua kali yaitu :
- 1 Maret s.d 3 Maret 2010.
- 9 Maret dan 10 Maret 2010.
C. Ujian Semester
- Ujian Tengah Semester akan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei s.d 15 Mei 2010
- Ujian Akhir Semester akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juli s.d 17 Juli 2010
D. Yudisium semester akan dilaksanakan tanggal 1 September 2010.
III. LAIN-LAIN
A. Ralat buku Pedoman tahun 2008/2009.
- Hal 32 : Managerial Economics dihapus dari daftar mata kuliah pilihan untuk jurusan Akuntansi.
- Hal 32 & 37 : Introduction to Risk Management & Governance prasyarat yang benar adalah Bank andOther Financial Institution dan menempuh 60 sks.
B. Mahasiswa Angkatan 2003 dan 2004 mengisi Rencana Studi di Bagian Akademik
C. Mahasiswa yang bekerja dan tidak dapat memilih jadwal yang telah disediakan, supaya menghubungi bagian Akademik atau melalui e-mail ke : baak@stie-mce.ac.id.
D. Setelah masa modifokasi berakhir, mahasiswa yang belum mengisi rencana studi akan dikenakan sanksi, tidak dapat memilih jadwal, tidak dapat melakukan modifikasi dan beban studi maksimal 12 sks.
Malang, 7 Desember 2009
Pembantu Ketua I
Drs. Bunyamin, MM, Ph.D
NIK. 202.710.182
Download Pengumuman Akademik (pdf)
[download#37]