Gelar Produk Kewirausahaan ABM 2010
Memadukan Teori, Kreatifitas dan Praktek Lapangan Secara Utuh
Sebagai salah satu perguruan tinggi yang bergengsi di Jawa Timur, khususnya dalam bidang Ekonomi, ABM tidak hanya mampu untuk memberikan kemampuan secara akademik kepada Mahasiswa dan Mahasiswinya, karena bagaimana-pun setelah menempuh pendidikan S1 nantinya setiap Mahasiswa memiliki tujuan dan visi masing-masing. Apakah memasuki dunia kerja dengan kesiapan akademik dan soft skill yang layak diandalkan, ataukah dengan kesiapan akademis dan Soft Skill tersebut setiap Mahasiswa ingin menciptakan usaha dan membuka lapangan kerja sendiri.
Sesuai pula dengan program yang digalakkan oleh DIKTI lewat PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional Mahasiswa) dimana garis merah dari program ini agar setiap Mahasiswa dari jurusan apapun memiliki jiwa Entrepreneur untuk mandiri dengan kreatifitas masing-masing. Dengan melihat keselarasan antara Visi dan Misi ABM dan Visi, Misi DIKTI ini, maka diadakan suatu acara yang menjadi wujud nyata bagaimana Teori, Kreatifitas dan Praktek Lapangan menjadi satu bagian utuh untuk dipelajari oleh setiap Mahasiswa ABM.
Gelar Kewirausahaan ini lebih spesifik lagi diberikan dalam perkuliahan Studi Kelayakan Bisnis (Feasibility Study), dengan tim dosen yang sangat kompeten dari ABM, dan tidak hanya sekedar belajar untuk memikirkan ide baru dan konsep baru sebagai suatu kepekaan dalam melihat peluang usaha yang bisa dimanfaatkan secara langsung, tetapi lebih lagi mempraktekan secara utuh apa yang diajarkan lewat perkuliahan dan ajang menunjukkan kreatifitas masing-masing kelompok kerja yang sudah terbentuk.
Dari program ini apa saja yang bisa dipelajari oleh masing-masing Mahasiswa dalam kelompok kerjanya, hal ini diterangkan lebih lanjut oleh salah satu tim dosen STUKEL (Studi Kelayakan Bisnis) Bu Siwi, adapun hal-hal tersebut adalah :
- Menguji pemahaman yang lebih mengutamakan SMART bagi tiap Mahasiswa untuk menterjemahkan apa yang telah didapatkan lewat perkuliahan.
- Menguji kemampuan Soft Skill yang menjadi Organization Culture ABM, yaitu ATTITUDE, dimana program ini sevara terpadu mencakup kesemua hal tersebut.
- Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa untuk benar-benar siap memasuki dunia nyata setelah menempuh jenjang S1.
- Menumbuhkan kepekaan Mahasiswa untuk menilai dan memanfaatkan peluang usaha yang ada didalam masyarakat.
- Praktek Lapangan terhadap kemampuan tiap Mahasiswa yang mencakup hal-hal yang telah dipelajari sebagai seorang intelek muda, khususnya dalam bidang Ekonomi.
Acara ini berlansgung dihalaman parkiran ABM, tanggal 04 Januari 2010 yang lalu. Dimana ada beberapa produk yang berbentuk inovasi kuliner hingga inovasi produk yang memanfaatkan barang-barang yang murah dan mudah didapatkan hingga menjadi hasil produk yang memiliki nilai jual bersaing. Beberapa contoh hasil kreatifitas dan inovasi tersebut adalah :
- Kantung Ajaib
- Natuna
- Cilok Sayur
- Pewarna dari Daun Pisang
- Kotak Serba Guna dari Daur Ulang.
- Nasi Bakar dengan inovasi resep dan rasa yang variatif
- Nata de Coco, dll
Menurut Bu Siwi selaku Koordinator Acara Gelar Kewirausahaan, program serupa akan menjadi angenda rutin dari ABM untuk menunjukkan bagaimana seorang Mahasiswa ABM tidak hanya unggul dari masalah akademik, tetapi juga dari Soft Skill yang membuat seseorang tidak hanya pintar, tetapi juga SMART.
You must be logged in to post a comment.