PENGUMUMAN NO. 1417/BAAK/XII/2008 TENTANG AKTIFITAS AKADEMIK
I. SEMESTER GASAL 2008/2009
A. Yudisium akan disampaikan mulai tanggal 4 Februari 2009 melalui SOS-24. Print Out Hasil Studi Semester akan dikirim ke alama orang tua masing-masing.
B. Ketentuan untuk melihat hasil studi/yudisium semester :
- Telah mengisi kuisioner yang disediakan melalui SOS-24.
- Tidak mempunyai tunggakan keuangan sampai dengan semester gasal 2008/2009.
- Tidak mempunyai pinjaman buku/literatur di perpustakaan.
- Tidak mempunyai tanggungan administrasi akademik : seperti foto kopi ijazah, nem, dll.
C. Semester Pendek
- Setiap mahasiswa diperkenankan memprogram mata kuliah di semester pendek dengan ketentuan sebagai berikut.
- Mata kuliah yang dirogram adalah mata kuliah yang sudah ditempuh untuk perbaikan nilai (tidak dikenakan sanksi presensi pada masa UTS dan UAS). Satu mata kuliah baru hanya untuk mahasiswa angkatan 2005/2006 dan sebelumnya.
- Mata kuliah yang diprogramkan maksimal 10 sks termasuk praktikum.
- Biaya studi yang harus dibayarkan sebelum mengisi rencana studi adalah sebagai berikut :
- Angkatan 2008/2009 sebesar Rp 300.000,- per mata kuliah
- Angkatan 2007/2008 sebesar Rp 300.000,- per mata kuliah
- Angkatan 2006/2007 sebesar Rp 250.000,- per mata kuliah
- Angkatan 2005/2006 sebesar Rp 85.000,- per sks
- Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 sebesar Rp 75.000,- per sks
- Angkatan 2002/2003 setara dengan 15 sks + biaya paktikum.
- Kalender kegiatan semester pendek sebagai berikut :
Kegiatan Waktu Pengisian Rencana Studi 5 Januari s.d 19 Januari 2009 Modifikasi 4 Februari dan 5 Februari 2009 Perkuliahan Tahap 1 9 Februari s.d 19 Februari 2009 Ujian Tengah Semester 20 Februari dan 21 Februari 2009 Perkuliahan Tahap II 23 Februari s.d 5 Maret 2009 Ujian Akhir Semester 6 Maret s.d 7 Maret 2009 Yudisium 12 Maret 2009 Mahasiswa yang belum mengisi rencana studi sesuai ketentuan diatas diberi kesempatan pada tanggal 4 dan 5 Februari 2009
D. Ujian Skripsi
- Pendaftaran
- Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, dan untuk semester gasal 2008/2009 ditutup tanggal 10 Februari 2009 di Customer Service.
- Syarat-syarat pendaftaran :
- Membayar biaya ujian sesuai tarif masing-masing angkatan.
- Menyerahkan skripsi sebanyak 4 eksemplar termasuk bukti riset dari obyek penelitian.
- Membuat pernyataan bahwa skripsi yang ditulis adalah hasil kaya sendiri (bukan plagiat).
- Mengumpulkan sertifikat workshop teknologi informasi 1 lembar.
- Mengumpulkan hasil foto hitam putih dof dengan background terang : ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar, ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, dan berwarna ukuran 3×3 sebanyak 2 lembar, pakaian yang digunakan untuk pas foto adalah jas almamater (memakai dasi, kemeja putih dan tidak berkaca mata)
- Menyerahkan rekapitulasi nilai mata kuliah sesuai kurikulum yang ditetapkan untuk masing-masing angkatan (untuk angkatan 2002 sesuai buku pedoman angkatan 2003).
- Menyerahkan Print Out Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM).
- Pelaksanaan
- Jadwal akan diumumkan setap minggu, minimal 2 hari sebelum pelaksanaan ujian.
- Persyaratan peserta :
- Lulus semua mata kuliah sesuai kurikulum yang ditetapkan.
- Tidak mengisi rencana studi untuk semester berikutnya (Genap 2008/2009).
- Penyerahan Hasil
- Hasil skripsi yang telah diujikan dan disempurnakan, diserahkan ke petugas perpustakaan (Lantai II) berupa soft copy (flash disk/CD) bentuk “PDF” dan skripsi belum dijilid.
- Mahasiswa menginput data skripsi ke dalam database sesuai dengan petunjuk yang ada di perpustakaan (BEI)
- Pengumpulan file skripsi paling lambat satu minggu setelah hasil ujian skripsi diumumkan.
- Materi yang diinputkan serta jadwal untuk menginput data, dapat dilihat di bagian perpustakaan.
- Bukti bebas perpustakaan akan diberikan kepada mahasiswa setelah:
- Mahasiswa mendapat bukti penyerahan skripsi digital dari staf perpustakaan (Lantai II)
- Staf perpustakaan (sub bab pengembalian) melakukan pengecekan tentang tanggungan pinjaman buku.
- Mahasiswa menyerahkan kartu anggota perpustakaan.
E. Wisuda
- Pelaksanaan direncanakan tanggal 18 April 2009.
- Pendaftaran dibuka tanggal 11 Februari s.d 30 Maret 2009.
- Persyaratan Calon Wisudawan :
- Mengisi formulir pendafatran dengan melampirkan foto copy berita acara ujian skripsi, bukti bebas keuangan, perpustakaan dan pemesanan CD wisuda (bagi yang berminat)
- Membayar biaya-biaya : wisuda, jaminan toga, iuran alumni, ijazah, sertifikat praktikum yang elum diambil (lihat tarip untuk semua angkatan), legalisir ijazah, legalisir transkript dan CD wisuda bagi yang berminat
- Menyerahkan konsep transkript dan ijaza yang telah dikoreksi di bagian akademik paling lambat 3 hari seelah ujian skripsi, apabila ada kekeliruan dari konsep transkript dan ijazah, baik identitas diri atau nilai maka harus menyerahkan bukti pendukung.
- Mengikuti pembekalan untuk calon wisudawan yang pelaksanaannya direncanakan hari Kamis, 16 April 2009 mulai pukul 08.00 wib.
- Mengikuti gladi bersih pada ari jum’at, 17 April 2009 mulai pukul 08.00 wib.
- Pengambilan toga pada tanggal 13 April 2009 untuk jurusan Manajemen dan tanggal 14 April 2009 untuk jurusan Akuntansi, di Palagan pada pukul 09.30 s.d 11.30 wib.
- Pengembalian toga paling lambat satu minggu setelah pelaksanaan wisuda di Customer Service. Setelah batas waktu yang ditetapkan dianggap akan dimiliki oleh yang bersangkutan.
II. SEMESTER GENAP 2008/2009
A. Pengisian Rencana Studi
- Pengisian rencana studi dapat dilakukan pada tanggal 9 Februari s.d 20 Februari 2009 melalui SOS-24.
- Apabila mengalami hambatan, silahkan menghubungi costumer service.
- Mahasiswa yang belum mengisi rencana studi sesuai jadwal diatas diberi kesempatan pada masa modifikasi (lihat point II B.3).
- Mata kuliah yang dapat dipilih hanya mata kuliah yang disajikan pada semester genap. Oleh karena itu, mahasiswa sangat dianjurkan segera mengulang mata kuliah yang tidak lulus pada seester pendek.
- Khusus mahasiswa angkatan tahun 2008/2009 edengan IP semester sebelumnya > 3, dapat memprogram maksimal 21 sks.
- Persyaratan mengisi rencana studi adalah :
- Membayar biaya studi minimal 50% sesuai ketetapan untuk setiap angkatan;
- Mengisi rencana studi sesuai dengan indeks prestasi yang dicapai pada semester gasal 2008/2009.
B. Pelaksanaan Perkuliahan
- Perkuliahan semester genap 2008/2009 akan dilaksanakan sebagai berikut :
- Perkuliahan tahap I dilaksanakan pada tanggal 16 Maret s.d 2 Mei 2009
- Perkuliahan tahap II dilaksanakan pada tanggal 18 Mei s.d 4 Juli 2009
- Pemrograman mata kuliah yang telah dialkukan mahasiswa akan disesuaikan dengan perolehan indeks prestasi dan pra syarat mata kuliah. Oleh sebab itu setiap mahasiswa hendaknya melihan kembali jadwal kuliah yang benar melalui SOS-24.
- Perubahan (modifikasi) terhadap jadwal kuliah hana dapat dilaksanakan dua kali yaitu :
- tanggal 27 Februari s.d 4 Maret 2009.
- tanggal 11 dan 12 Maret 2009.
- Pencetaka jadwal kuliah dapat dilakukan sendiri oleh mahasiswa melalui SOS-24.
C. Ujian Semester
- Ujian Tengah Semester akan dilaksanakan pada tanggal 4 Mei s.d 16 Mei 2009.
- Ujian Akhir Semester akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli s.d 18 Juli 2009.
D. Yudisium semester akan dilaksanakan tanggal 29 Juli 2009.
III. LAIN-LAIN
A. Perubahan prasyarat untuk mata kuliah :
- Auditing I adalah lulus Financial Accounting I dan menempuh Accounting System I
- Auditing II adalah lulus Auditing II dan menempuh Accounting System II
B. Mahasiswa yan bekerja dan tidak dapat memilih jadwal yang telah disediakan, supaya menghubungi bagian akademik atau melalui e-mail ke : baak@stie-mce.ac.id.
C. Setelah masa modifokasi berakhir, mahasiswa yang belum mengisi rencana studi akan dikenakan sanksi, tidak dapat memilih jadwal, tidak dapat melakukan modifikasi dan beban studi maksimal 12 sks.
Malang, 19 Desember 2008
Pembantu Ketua I
Drs. Bunyamin, MM, Ph.D
NIK. 202.710.182