ABMHUB Profile

ABMHub

Kami bersyukur, STIE Malangkucecwara menerima Hibah International Erasmus+ dari Uni Eropa. Kampus ABM termasuk dalam salah satu perguruan tinggi yang tergabung dalam sebuah konsorsium yang menerima hibah tersebut. Perguruan tinggi yang tergabung dalam konsorsium ini terdiri dari 4 universitas dari Eropa dan 7 universitas dari Indonesia.

Hibah ini diarahkan untuk membuat resource di perguruan tinggi, yang bisa menjembatani institusi pendidikan dengan dunia usaha.

ABM Hub merupakan produk resource yang dihasilkan oleh Kampus ABM, dan akan difungsikan sebagai inkubator bisnis. Aplikasinya antara lain memberikan konsultasi terkait permasalahan bisnis yang mendetail, utamanya kepada para pelaku Small and Medium Enterprises (SME) atau lebih dikenal dengan UMKM, dan bila perlu, ABM Hub juga dapat memberikan fasilitas akses modal.

Masalah yang selama ini dihadapi oleh para UMKM, kebanyakan dari mereka enggan masuk kampus karena terhalang hal-hal yang bersifat prosedural. Dengan adanya ABM Hub, akan memudahkan para pelaku UMKM untuk bersinergi dengan institusi pendidikan, dan pemodal.

ABM Hub telah dibuat sedemikian rupa menjadi tempat yang nyaman untuk berdiskusi, melakukan rapat, berkonsultasi dan juga bekerja mengembangkan bisnis. Sejumlah perangkat PC, Laptop, Tablet, dan internet berkecepatan tinggi juga sudah disediakan. Oleh karena itu, diharapkan para UMKM bisa menggunakan fasilitas yang telah disediakan di ABM Hub.

Dari sisi akademik, dosen pun juga bisa melakukan tugas pengabdian, meningkatkan jejaring, dan entrepreneurship, sehingga manfaat kampus bagi masyarakat sekitar juga bisa dirasakan.

Entrepreneurship saat ini menjadi pilar bagi pertumbuhan ekonomi. Artinya, setiap Government kesulitan menciptakan lapangan pekerjaan baru, sedangkan lulusan perguruan tinggi makin bertambah. Dengan munculnya perusahaan Startup yang dihasilkan oleh program ini, maka diharapkan dapat mempersiapkan diri saat dihadapkan dengan sebuah permasalahan. Jika mereka sudah terbiasa menghadapi hal tersebut, maka mereka akan tahu bagaimana harus bersikap dalam mengambil langkah. It’s All About Mentality. Tidak hanya keterlibatan UMKM saja, namun keteribatan dosen dan mahasiswa juga perlu, supaya dari pihak akademisi bisa langsung bersinggungan dengan dunia entrepreneurship, dan melihat masalah dan isu-isu real yang ada.

Harapan kedepan, keterlibatan mahasiswa dan dosen pada program entrepreneurial ini bisa lebih merata dan maksimal. Supaya mereka tidak hanya mengetahui isu teoritisnya, tapi juga isu-isu praktis. Para dosen juga bisa melakukan penelitian untuk keperluan umum supaya menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan, bisa berupa sebuah model atau buku pedoman

Startup Business


Partners



This project has been funded with support from the European Commission. This publication [communication] reflects the views only of the author, and the Commission cannot be held responsible for any use which may be made of the information contained therein​