Sambut Maba dengan Anggrek

Penyematan Bunga Anggrek pada acara Pesona Anggrek ABM

Penyematan Bunga Anggrek pada acara Pesona Anggrek ABM

Penyambutan mahasiswa baru (maba) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara kemarin (12/9) berbeda dengan kampus lain. Kampus tersebut mengajak mahasiswanya untuk menanam ratusan bunga anggrek di pohon pinus.

Ketua STIE Malangkucecwara Drs Bunyamin MM PhD menyatakan, kegiatan ini memang rutin dilakukan untuk menyambut maba semenjak tiga tahun belakangan. ”Tujuannya untuk pengembangan soft skill mahasiswa baru. Mengedepankan hubungan manusia dan alam,” jelasnya.

Dia menyampaikan, pada kegiatan itu, setiap maba memang dipastikan melakukan penanaman anggrek di pohon-pohon pinus yang berada di halaman kampus. ”Tujuannya supaya mereka mau dan bisa menghargai alam,” kata dia. Pada saat itu, ada sekitar 200 anggrek yang ditanam.

Kenapa memilih anggrek? Bunyamin menerangkan, anggrek mempunyai filosofi yang bagus. Selain warna bunga yang memancarkan keindahan, bunga tersebut mempunyai ketahanan yang lebih tinggi. ”Dengan komponen itu, sesuai dengan yang ada di sini bahwa STIE itu sesuai dengan keindahan,” terangnya. Anggrek juga sebagai salah satu bunga yang cukup banyak disukai masyarakat.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko menyempatkan hadir dan menanam satu bunga anggrek secara simbolis. Dia pun mengapresiasi kegiatan penanaman anggrek ini. Bahkan, dia menyampaikan bahwa ingin mengajak seluruh akademisi perguruan tinggi seperti dosen dan mahasiswa supaya tidak profit oriented. ”Tidak cari keuntungan secara material, tetapi bagaimana hubungan dengan masyarakat. Tidak terjebak di kampus, tetapi bagaimana ilmu bisa diberikan di masyarakat,” paparnya.

Menurut dia, kegiatan penanaman ini merupakan salah satu cara untuk berbagi ilmu ke masyarakat. ”Kami (Pemkot Batu) ingin lakukan sinergi dengan kampus. Jadi, ada koneksitas antara pemerintah dengan kampus supaya bisa berkembang,” tuturnya.

Pewarta : Fisca Tanjung
Penyunting : Kholid Amrullah
Copy Editor : Indah Setyowati
Fotografer : Bayu Eka

sumber: RadarMalang.id