Mahasiswa Tiga Negara tiba di ABM

Mahasiswa Asing program Darmasiswa RI 2017Mahasiswa Asing program Darmasiswa RI 2017

Mahasiswa Asing program Darmasiswa RI 2017

MALANG – STIE Malangkucecwara Malang (ABM) menerima kedatangan 5 Mahasiswa Asing program Darmasiswa RI 2017/2018, Kamis lalu. Mereka berasal dari tiga negara yakni Mesir, Jepang dan Polandia.

Wakil Ketua ABM Kadarusman menuturkan, lima mahasiswa tersebut akan belajar di ABM selama satu tahun.

“Mereka akan belajar tentang Bahasa Indonesia dan budaya. Selama satu tahun kami berharap bisa mengenalkan Indonesia dengan baik,” ujarnya dirilis Humas ABM.

Mahasiswa tersebut masing-masing adalah Al-Azhar university Mesir Ali dan Esraa. Dua dari Kanda University Jepang Atsumi dan Reina, dan satu mahasiswi dari Polandia Hanna.

Program selama satu tahun juga sudah disusun oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) MCE dan dipandu langsung Indonesian Studies Program (ISP) MCE. Diharapkan, dengan program yang dibuat, para mahasiswa asing itu bisa mencintai budaya Indonesia dan mempromosikannya di negara asal.

Darmasiswa RI adalah program beasiswa bagi mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk mempelajari bahasa, seni dan budaya Indonesia di 59 universitas di Indonesia. Di Malang, sejumlah kampus menjadi tuan rumahnya diantaranya UMM, IKIP Budi Utomo, dan ABM.

Rusman menegaskan, program internasionalisasi kampus menurut Rusman, panggilan akrab Kadarusman, memang sedang digencarkan. Selain Darmasiswa, ABM juga baru saja mengirimkan dua mahasiswa untuk studi bahasa dan budaya ke Jepang

Sumber: Malang Post, 2 September 2017