Himbauan Kepada Alumni PPAk STIE Malangkucecwara Untuk Segera Daftar Anggota IAI

Chartered Accountant Indonesia

Chartered Accountant Indonesia

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementerian Keuangan RI telah bekerjasama menyusun Blue Print Profesi Akuntan Indonesia dan Rancangan Peraturan Menteri Keuangan (RPMK) tentang Akuntan Beregister Negara.

Dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015, IAI sendiri telah meluncurkan Chartered Accountant Indonesia (CA) untuk memastikan Akuntan Indonesia memenuhi kualifikasi Akuntan Profesional sesuai dengan panduan International Federation of Accountants (IFAC) dan juga untuk mensejajarkan Akuntan Profesional Indonesia dengan akuntan profesional luar negeri.

CA menjadi penting bagi Indonesia terkait dengan pengakuan Akuntan Profesional Indonesia dalam proses penyusunan kerangka ASEAN Mutual Recognition Arrangement yang akan mengakui kesetaraan kualifikasi Akuntan Profesional mengacu kepada International Best Practices.

Pada 29 Januari 2014 di  gedung Balai Kartini  Jakarta,  IAI telah menyelenggarakan  workshop Peluncuran Silabus Ujian Chartered Accountant (CA) Indonesia & Seminar Strategi dan Regulasi PTA Sesuai Cetak Biru Profesi Akuntan Profesional .

Banyak informasi yang kami peroleh setelah mengikuti Workshop tersebut, antara lain kesempatan bagi para Akuntan untuk memperoleh Sertifikat  Chartered Accountant Indonesia (CA) tanpa mengikuti ujian CA, asalkan para Akuntan tersebut telah berpengalaman dan bekerja sesuai dengan bidang nya baik sebagai Akuntan Manajemen, Akuntan Sektor Publik, ataupun sebagai Akuntan Pendidik. Caranya yaitu segera mendaftarkan diri sebagai anggota  Utama IAI, dengan melampirkan pengalaman kerja, pendidikan dan sertifikasi yang pernah diikuti. Untuk Formulir Pendaftaran dapat di download dari www.iaiglobal.or.id

Bagi anggota yang belum mendaftar sebagai anggota sampai dengan waktu yang ditentukan, maka untuk memperoleh Chartered Accountant (CA) Indonesia harus mengikuti ujian terlebih dahulu. Ada 7 mata ujian CA yaitu : Pelaporan Korporat, Etika Profesi & Tata Kelola Korporat, manajemen Stratejik & Kepemimpinan, Manajemen Perpajakan, Akuntansi manajemen Lanjutan, Manajemen Keuangan lanjutan, Sistem Informasi & Pengendalian Internal.Ujian perdana Chartered Accountant (CA) Indonesia dilakukan selama 4 hari yaitu tanggal 18 – 21 Juni 2014 di Jakarta.

You may also like...