BERBEKAL ATTITUDE, LULUSAN ABM SUKSES DI DUNIA KERJA

BERBEKAL ATITUDE, LULUSAN ABM SUKSES DI DUNIA KERJA

MALANG – STIE Malangkuçeçwara (ABM,Red) mengusung konsep ATTITUDE (Appreciative, Thounght, Teamwork, Integrity, Time Management, Usefullness, Educative, Endless Learning) sebagai softskill yang harus di miliki mahasiswanya. Konsep tersebut digunakan sebagai acuan untuk mendidik mahasiswa agar tidak hanya memiliki pengetahuan intelektual, namun juga kepribadian baik yang di butuhkan di masyarakat.

Ketua STIE Malangkuçeçwara Drs. Bunyamin, MM, Ph.D mengatakan, ATTITUDE adalah value yang harus ditanamkan dalam diri mahasiswa. Karena seorang mahasiswa yang nantinya akan memulai karirnya tentunya harus memiliki value atau nilai dalam mengabdi pada suatu perusahaan.

“Nilai itu harus ditanamkan dan diselipkan, melalui dosen saat mengajar misalnya, atau melalui seminar-seminar motivasi, karena mahasiswa saya membutuhkan itu, “ ujarnya.

Beni, panggilan akrab Bunyamin mengatakan, seorang ahli ekonomi nantinya harus bisa berperilaku secara professional, baik itu untuk perusahaan ataupun masyarakat secara luas.

Beni tidak ingin nantinya mahasiswa hanya mampu bekerja secara intelektual saja, namun minus secara ATTITUDE. “Profesi ahli ekonomi misalnya akuntan, ataupun manajerial keuangan. Semuanya membutuhkan ATTITUDE, karena jika tidak bisa menyusahkan perusahaan karena urusannya dengan keuangan,” bebernya.

Kampus yang mempunyai lingkungan selayaknya cagar alam itupun telah mempunyai 25.000 lulusan yang menurut Bunyamin semuanya sukses di dunia kerja, karena penanaman nilai ATTITUDE. “Setelah kami melakukan penelusuran alumni, nyatanya semuanya sukses. Bukan hanya kecerdasan intelektual namun juga secara perilaku,” paparnya.

Ia bangga, karena alumni yang sukses bisa mengajak adik-adik mereka untuk bergabung bekerja.

“Kami punya Korps Alumni, atau Ikatan Alumni yang nantinya bertugas untuk memberikan informasi pekerjaan dimana mereka bekerja,” tukasnya.

Ia mengatakan, selain Korps Alumni ABM juga mempunyai Pusat Karir sebagai penyedia pekerjaan bagi mahasiswanya. “Rata-rata mahasiswa kita memang masa tunggu maksimal 3 bulan setelah wisuda untuk bekerja, ya lewat 2 jalur tadi, Alumni dan Pusat Karir,” ungkapnya.

Salah satu mahasiswa yang telah bekerja sebelum resmi di wisuda adalah Deni Hartanto, lulusan Akuntansi yang berhasil di terima di PT. Charoen Pokphan, sebuah perusahaan multinasional di Indonesia.

“Sudah seminggu saya menjalani training untuk bekerja, dengan posisi sebagai Finance. Sangat bersyukur karena kampus yang telah membimbing saya,” ucap Deni mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada kampus.

Ia mengaku, konsep ATTITUDE yang diajarkan ternyata terbawa hingga ia mulai masuk ke dunia kerja.

“Sejak awal interview hingga training nyatanya soft skill ini berguna, pihak perusahaan mengutarakan senang dengan Good ATTITUDE dan soft skill yang saya miliki,” beber dia.

STIE Malangkuçeçwara yang belokasi di Jl. Terusan Candi Kalasan ini mempunyai 2 jurusan yaitu Akuntansi dan Manajemen. Keduanya mendapat predikat jurusan terbaik dengan mengantongi Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). (Sin/Adv/oci)

Sumber: Malang Post, Sabtu 8 Oktober 2016, halaman 5

Mungkin Anda juga menyukai